Senin, 28 September 2015

Mount Rushmore, Bukti Sebuah Penghormatan

Adakah yang tak kenal dengan Mount Rushmore? Nah, bagi yang belum pernah berkunjung ke sana, saya mau berbagi pengalaman lagi di sini. Saat itu (2008), masih di rangkain perjalanan liburan musim panas kami sekeluarga. Mount Rushmore yang terpampang “angkuh” dan bersejarah itu, menjadi salah satu destinasi pilihan kami. 
Beginilah penampakan wajah-wajah mantan presiden Amrik itu (dokpri)
Mount Rushmore yang letaknya di Dakota Selatan itu menjadi sangat terkenal. Di sanalah wajah empat Presiden Amerika terpahat dengan megah. Sejak awal pembuatan empat wajah Presiden itu tak lain ditujukan untuk menarik wisatawan ke bukit karang, Black Hills, South Dakota. Sementara, ide mengukir Mount Rushmore itu dilontarkan oleh Doane Robinson (salah satu sejarawan), pada tahun 1923. 
Mira dan Khalid
Kami, berlatar belakang wajah empat Presiden Amerika.
Selanjutnya, Peter Norbeck (Senator Dakota Selatan) pun menyetujui proposal yang diajukan. Bantuan anggaran juga akhirnya diperolah dari dana federal untuk menyelesaikan proyek tersebut. Doane Robinson meminta arsitek dan pematung Gutzon Borglum untuk mendesain serta memahatnya. Terpilihnya Mount Rushmore sebagai tempat pemahatan empat wajah Presiden Amerika. Posisi Mount Rushmore yang menghadap Tenggara selalu mendapat terpaan sinar matahari lebih banyak sehingga bisa langsung terlihat oleh pengunjung. Mount Rushmore juga merupakan puncak tertinggi  di daerah itu serta terbuat dari granit yang akan membuatnya tahan terhadap erosi.
Di sinilah bagian kisah pembuatan wajah para pemimpin itu.
Beberapa alat yang digunakan dalam proyek.
Lincoln Mask
Setelah memutuskan memahat wajah empat wajah Presiden Amerika Serikat (George Washington, Thomas Jefferson, Abraham Lincoln, dan Theodore Roosevelt), maka Gutzon Borglum pun memulai proyeknya pada tanggal 4 Oktober 1927. Terpilihnya wajah keempat Presiden tersebut bukan tanpa alasan. Masing-masing figur memiliki peran besar dalam sejarah Amerika Serikat.
Washington berjasa dalam menerapkan demokrasi di Amerika. Thomas Jefferson mematangkan konsep “pemerintahan oleh rakyat” serta membuat wilayah Amerika Serikat hampir menjadi dua kali lipat pada tahun 1803 dengan pembelian Louisiana yang menjadi South Dakota. Abraham Lincoln berjasa dalam memberantas sistim perbudakan di Amerika. Theodore Roosevelt terkenal dengan reformasi bisnis yang memperkenalkan National Park Service.
Melihat hasilnya, tentulah tidak mudah mengerjakan proyek tersebut. Borglum bersama para pekerjanya rela bergelantungan untuk memahat patung-patung itu di ketinggian lebih dari 150 meter dari atas lembah. Mereka menggunakan beragam alat, mulai dari pahat hingga dinamit untuk mengawali serta membentuk wajah-wajah keempat Presiden itu. 
Awalnya ingin dibuat seperti ini, tapi akhirnya hanya bagian wajah saja.
Menurut informasi, dana yang dibutuhkan untuk proyek tersebut sekitar US$500.000,- untuk masa kerja tidak lebih dari 6 tahun. Ada beberapa kendala yang sempat terjadi dalam pengerjaannya. Diantaranya, pengelupasan, ada yang retak, dan sebagainya, sehingga dana menjadi membengkak mencapai lebih dari $900.000.- Akhirnya proyek yang diawali dengan pengukiran wajah George Washington itu selesai di tahun 1941.
Hingga saat ini Mount Rushmore menjadi salah satu objek wisata terbesar di Amerika. Saya dan keluarga pun telah meninggalkan jejak kaki kami di sana. Untuk sejarah lengkapnya, bisa disimak di sini  [Wylvera W.]

10 komentar:

  1. Tempatnya asyik dan bersejarah ya mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak. Kalau dilihat dari dekat, megah banget. Ada keterangan sejarahnya juga di sana.

      Hapus
  2. cuma bisa bilang wow...

    sebagai penikmat sejarah dan wisata, baca2 artikel di blog ini bikin termotivasi
    #eaaaa

    suka sama lincoln, yang dijadiin nama kapal induk waktu tsunami 2004 mereka bantu kita di sini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaaa ... senang kalau artikel di blog ini bisa memotivasi (buat rencana ke sana ^_^).
      Btw, Abraham Lincoln memang banyak berjasa utk Amrik, Mas. Itu termaktub dalam sejarahnya. :)

      Hapus
  3. Kalau di Indonesia mungkin karya Indah begini udah dicorat coret yaa..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha , iya ya. Suka gatel tangannya corat-coret sih. :)

      Hapus
  4. penasaran banget sama ini dari dulu, bener deh... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, masukkan list destinasi, Mbak. :)

      Hapus
  5. masya Allah. bumi indonesia banyak gunung batu yg belum dimaksimalkan pemanfaatannya. mungkin dibuat patung wajah spt itu ...selain eye catching juga dpt menambah nilai artistik yaaa ..
    tentu saja asal tidak melanggar ketentuan Sang Maha Pencipta.

    terimaksih, artikelnya sgt menarik mengajakku serasa ikut jalan2.
    salam kenaaaal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali, Mbak. Terima kasih sudah mau mampir. :)
      Iya, bisa saja dibuat seperti ini. Tapi bujetnya memang sangat besar.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...