Sabtu, 09 April 2016

Liburan di Rumah yang Bisa Menambah Gairah


Liburan adalah momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh mereka yang sehari-harinya dipenuhi oleh rutinitas pekerjaan, sekolah, dan kuliah. Berlibur bisa melepas segala penat serta merelaksasikan pikiran dan fisik agar tetap bergairah ketika memulai rutinitas kembali. Namun, tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa liburan yang menyenangkan adalah pergi ke suatu tempat. Jika tidak melakukannya, berarti liburan mereka terasa membosankan.
Tidak seperti itu menurut saya. Liburan pun bisa dilakukan di rumah saja. Hanya butuh kreativitas untuk membuatnya menjadi menyenangkan dan berkesan bagi semua anggota keluarga. Selain itu, liburan di rumah tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak. Saat tanggal tua atau sedang bokek, liburan di rumah bisa menjadi alternatif yang tetap menggembirakan.
Agar tidak membosankan dan tetap bisa menambah gairah, kita bisa memilih kegiatan pengisi liburan di rumah yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan dinikmati bersama-sama.

1. Mencoba resep baru
            Bagi pencinta kuliner, kegiatan masak-memasak tentu akan sangat menyenangkan. Lakukan kegiatan ini dengan suasana gembira saat liburan hanya di rumah saja. Agar kegiatan masak-memasak ini bisa dinikmati seluruh anggota keluarga, libatkan suami dan anak-anak untuk mencicipi hasil masakan. Bisa juga mengajak mereka berdiskui tentang proses membuat atau meracik resep baru yang ingin diolah.

Mencoba resep baru ala suami
Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu sering memasak. Sejak memilki asisten rumah tangga, pekerjaan dan urusan dapur sudah terdelegasikan dengan sendirinya. Namun, di saat saya dan keluarga tidak memiliki rencana menghabiskan liburan di luar rumah, hobi lama pada kegiatan memasak menjadi pilihan yang menyenangkan. 

Dadar isi daging dan sayur + bumbu kacang
Suami saya yang punya hobi menonton acara food channel di tivi pun suka berkreasi dengan masakannya. Biasanya kalau si Bapak sudah turun ke dapur, anak-anak kami pun ikut berbaur. Minimal bisa dimintai bantuan mengambilkan bahan yang akan diracik dan diolah menjadi masakan baru. Kritikan dan pujian akan melengkapi kegiatan ini setelah masakan dicicipi. Sesi ini pasti akan menambah keseruan.

2. Pilih film yang bisa ditonton bersama
            Punya hobi menonton? Kegiatan menonton film bersama di rumah bisa jadi alternatif pengisi liburan yang menyenangkan. Tinggal pilih film yang bisa dinikmati bersama seluruh anggota keluarga. Bisa film yang sedang diputar di tivi, maupun dari koleksi DVD jika memilikinya. Kalau tidak, bisa membeli dan mempersiapkannya sebelum hari libur tiba. 

DVD koleksi keluarga kami

            Di postingan One Day One Post beberapa hari lalu, saya pernah menyebutkan kalau kami sekeluarga adalah SuFi (baca: Suka Film). Menonton film bagi kami tidak harus ke bioskop saja. Di rumah pun bisa. Syukur kalau ada film di tivi yang kebetulan kami sukai bersama, maka acara nonton bareng di depan tivi menjadi salah satu pengisi liburan di rumah yang mengasyikkan. Jika tidak, biasanya suami saya suka membongkar-bongkar koleksi DVDnya yang jumlahnya lebih dari seratus itu. Original lho semuanya. Kami rembukan untuk memilih film yang mana yang bisa ditonton bersama. Jika tidak sesuai, tidak menjadi masalah, salah satu atau dua di antara kami bisa memilih kegiatan lain tanpa perasaan kecewa.

3. Rapi-rapi lemari buku dan bersih-bersih rumah
            Ini yang paling seru dan heboh. Tanpa terasa biasanya hari tiba-tiba sudah sore saja. Jika di rumah ada lemari tempat memajang semua buku-buku bacaan, bikin kegiatan merapikannya menjadi pengisi waktu libur yang mengasyikkan. Selain lemari buku jadi rapi, anak-anak juga bisa diajak untuk belajar merawat buku-buku koleksi keluarga.
 
Versi lemari buku kami yang sudah dan belum dirapikan ^_^
Kalau di rumah saya, kami memiliki koleksi buku bacaan yang jumlahnya lumayan banyak. Tersebar di tiga lemari. Biasanya letak dan susunan buku-buku itu tidak bisa bertahan lama dalam hitungan sebulan. Meskipun suami saya sudah menetapkan aturan bagi siapa saja yang membaca buku yang diambil dari lemari, harus dikembalikan lagi ke tempatnya semula jika sudah selesai, tetap saja anak-anak lalai. Maka, saat liburan hanya di rumah saja, kegiatan merapikan buku-buku itu menjadi pilihan bersama. Termasuk membersihkan semua ruangan rumah dan kamar masing-masing.

4. Membaca
            Mengisi liburan di rumah dengan membaca sebenarnya tidak mutlak. Sebab di hari lain pun ini bisa dilakukan. Namun, ada keluarga yang memang memiliki kegemaran yang sama di waktu yang sama. Maka, kegiatan membaca bersama anggota keluarga bisa jadi pilihan untuk mengisi liburan di rumah.

Si Kakek pun ikut menikmati liburan di rumah dengan membaca ;)
Bagi saya dan keluarga, membaca bisa jadi alternatif pengisi liburan bersama, tapi masing-masing kami tetap bebas memilih posisi membaca. Tidak di waktu dan tempat bersamaan macam di perpustakaan. Ada yang membaca sambil tiduran di kamar, di teras lantai atas, maupun sambil tiduran di depan tivi. Saya tidak terlalu mengaturnya. Asalkan semuanya merasa nyaman. Yang penting kegiatan membaca tetap menjadi sesuatu yang menghibur saat libur tak ke mana-mana.

5. Berkebun dan merapikan tanaman
            Berkebun bisa dijadikan pilihan juga untuk mengisi liburan di rumah. Apalagi jika punya halaman yang luas, bercocok tanam bisa menghabiskan waktu tanpa terasa. Bahkan bisa dijadikan momen belajar dan mengenal jenis-jenis tanaman bersama keluarga. 
 
Siap berkebun dan merapikan tanaman

            Nah, yang ini biasanya jadi pilihan suami saya jika mood-nya lagi baik. *hahaha … ngakak ala nyonya besar* Sementara suami memangkas tanaman yang sudah menjulang tinggi di halaman, saya membantu mengumpulkan daun-daun dan ranting-ranting yang ditebasnya. Mira dan Khalid mendapat bagian untuk membuangnya ke tempat sampah. Terkadang anak-anak kami memilih menyediakan minuman ringan buat saya dan bapaknya.

6. Menikmati musik
            Menikmati musik bisa jadi terapi dan relaksasi. Agar tidak bosan menghabiskan hari libur di rumah, kita bisa mengisinya sambil menikmati musik-musik pilihan. Jika mahir memainkan alat-alat musik dan punya koleksi alatnya, malah akan semakin seru. 
 
Yang senang main gitar bisa memuaskan hobinya
            Kami berempat senang musik, tapi tidak semuanya bisa menyanyi. Jadi, jika liburan tidak ke mana-mana, biasanya Mira anak saya memilih mengisi waktunya dengan bermain keyboard. Sementara si Bapak menikmati koleksi lagu-lagu yang ada di hapenya. Khalid memilih berlatih gitar di kamarnya. Saya sendiri sesekali ikut berbaur dan menjadi penyanyi saat Mira memainkan musik yang saya hapal lagunya.

7. Olahraga
            Kegiatan berolahraga bersama anggota keluarga bisa menambah gairah. Kesibukan dan rutinitas sehari-hari yang telah menyita waktu tentunya akan membuat kita terlupa untuk menjaga kebugaran. Maka, saat liburan di rumah, kegiatan ini bisa dijadikan penyegaran bersama angggota keluarga. Tidak perlu yang berat-berat. Senam dengan menggunakan panduan musik dari DVD pun bisa. Jika memiliki alat-alat olahraga di rumah seperti treadmill, sepeda statis, dan sansak tinju, akan lebih seru lagi. 
 
Mari membugarkan diri ;)

Intinya, olahraga di rumah bersama keluarga itu pasti bikin semangat karena bisa saling memotivasi. Saya dan keluarga pun senang melakukannya.

8. Memuaskan hobi memotret
            Jika senang memoto, liburan di rumah pun bisa memuaskan hobi tersebut. Tidak harus mendatangi tempat-tempat wisata yang butuh biaya. Pilihlah objek di sekitar rumah yang bisa dijadikan objek menarik untuk menambah koleksi foto.

Salah satu kamera yang selalu dipakai Mira
Hasil editan Mira dari memotret di halaman rumah kami
            Kami pun suka melakukannya. Foto selfie, wefie, atau membidik objek tanaman di halaman rumah, sudut ruang, dan apa saja yang bisa jadi koleksi foto, bisa menjadikan kesenangan sendiri saat liburan di rumah. Menguntungkan juga buat saya yang terkadang butuh foto sebagai pendukung artikel yang sedang saya kerjakan. Koleksi foto-foto hasil jepretan sederhana Mira, saya, atau suami, bisa dimanfaatkan.
            Itulah beberapa kegiatan yang bisa dijadikan tips menikmati liburan di rumah ala saya dan keluarga. Silakan dicoba atau menambahkannya dengan kegiatan lain. Yang penting hasilnya bisa menambah gairah untuk memulai rutinitas setelah liburan usai. [Wylvera W.]

Note: 
Postingan ke-14 One Day One Post Challenge Fun Blogging

12 komentar:

  1. Saya juga menyarankan beberapa tip di atas agar liburan di rumah tetap meriah.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss! Pakde.
      Mau komen juga ah di artikelnya, Pakde. :)

      Hapus
  2. Seru ya liburan di rumah a la keluarga Kak Wiek.
    Itu buku-bukunya yang di lemari bikin mupeng banget!
    Sepertinya sudah mulai perlu lemari buku lagi, ya. 😻😸

    BalasHapus
  3. Iya, pengin bikin lemari buku baru tapi belum jadi-jadi, Mbak ;)

    BalasHapus
  4. Wah itu pitret memotret bisa jd agenda baru.. Hampir semua di rmh pd suka motret...:)

    BalasHapus
  5. Rak bukunya bikin mupeng deh hehe

    BalasHapus
  6. kalau saya lebih suka memasak dan menonton film bersama-sama.. jadi setelah memasak dengan resep yang baru, barulah menonton sambil memakan masakan tersebut. kan jadinya enak. ;-)
    terima jasih infonya. sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  7. Kalau libur bareng dengan istri yang kerja dengan sistem shift, lebih sering bersih-bersih rumah... ^_^

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...