Selasa, 15 Desember 2015

Strika Andalanku

Sambal teri kacang andalanku
             Acara buka puasa bersama (bukber) sepertinya sudah menjadi tradisi buat kami. Hampir setiap Ramadhan, acara bukber ini selalu digelar. Dan, acara buka puasa di Ramadhan yang baru saja lewat mengingatkanku pada kebingungan menentukan menu apa yang akan aku sajikan. Kebetulan, kami berniat ingin menjamu sahabat yang sedang berkunjung ke Bekasi. Bertahun-tahun tak bertemu karena mereka tinggal di Savoy, Illinois, membuatku ingin memanjakan lidah mereka dengan masakan khas yang dulu selalu menjadi andalanku selama tinggal di Urbana.
            Akhirnya aku memilih hidangan lontong Medan lengkap dengan “pernak-pernik” nya. Ada gulai kacang panjang + labu siam + irisan wortel, rendang, tauco udang, dan satu sajian pelengkap yaitu sambal teri kacang (strika) andalanku.
           Nah, kalau ada si strika ini maka hidangan lain di meja makanku selalu kalah pamor. Karena kelezatan dan kegurihannya sudah berkali-kali teruji. Bahkan teman-temanku dulu di Urbana yang pernah mencicipi sambal teri kacangku, selalu penasaran dan ingin sekali bisa memasaknya sama seperti hasil masakanku.
            Hahaha... lebay ya? Eiiits... itu kenyataan lho. 
           Jadi teringat waktu kami masih tinggal di Urbana Champaign. Saking penasarannya, teman-teman di sana minta diajarkan cara memasak strika ini. Begitulah, aku pun dengan sukarela mengadakan kursus memasak strika kilat di apartemenku. Semua resep sampai cara memasak sudah kami praktikkan bersama, dan hasilnya sama persis seperti buatanku. Tapi, herannya... ketika mereka mencobanya sendiri di apartemen mereka, hasilnya jauh dari strika yang aku ajarkan. Sampai ada yang berkomentar, “Wah, jangan-jangan masih ada trik andalan yang sengaja enggak dikasi tau ni sama Mbak Wiek.”
            Hahahaha....

            Baiklah, supaya enggak penasaran... coba kita lihat serumit apa sih sebenarnya resep dan cara memasak sambal teri kacang (strika) ala Wiwiek ini?
Bahan:
½ kg teri Medan
1 ½ ons kacang tanah (lebih cantik yang ukurannya kecil)
½ ons cabe merah
8 siung bawang merah
Gula putih
Minyak sayur/makan
Cara memasak teri Medan dan kacang tanah:
Goreng kacang tanah terlebih dahulu. Setelah matang, angkat dan tiriskan minyaknya. Kemudian lanjutkan menggoreng teri Medan yang sudah disiram air dan dikeringkan (supaya tak terlalu asin). Agar teri tak menjadi liat, sambil menggoreng diaduk-aduk sampai berubah warna kekuning-kuningan (jangan sampai gosong). Angkat dan tiriskan juga sisa minyaknya.
Cara membuat sambalnya:
Giling/ulek cabe merah sampai setengah halus, lalu masukkan bawang dan dilanjutkan menggiling kembali sampai benar-benar halus keduanya. Jangan taburi garam karena akan menambah efek keasinan pada terinya. Setelah itu, panaskan minyak sayur/makan kira-kira 6 sendok makan. Masukkan gilingan cabe dan bawang yang sudah halus tadi sebanyak 5 sendok makan. Tambahi gula putih 3 sendok makan (kalau suka yang lebih pedas), atau tambah sesendok lagi (bagi yang tak suka pedas). Aduk-aduk terus sampai gula dan sambal menyatu. Lalu matikan api kompornya, dan segeralah tuangkan teri dan kacang tadi sambil mengaduk hingga merata semuanya.
Strika pun siap dicicipi. 

Selamat mencoba ya.... [Wylvera W]


3 komentar:

  1. Resep sih bole-yole aje, tapi biasa nih,lain tangan lain rasa lho.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...